Minggu, 12 Februari 2012

Komplitnya Lontong Cap Go Meh

Lontong Cap Go Meh

Tribunnews.com - Minggu, 12 Februari 2012 21:24 WIB

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Cap Go Meh memang jadi salah satu hari besar bagi warga Tionghoa. Di hari ke-15 sekaligus hari terakhir di masa perayaan tahun baru Imlek ini, ada satu menu makanan yang sangat khas.

Namanya Lontong Cap Go Meh. Meski tidak hanya muncul pada saat Cap Go Meh, lontong ini tetap menjadi sajian yang istimewa. Sebenarnya embel-embel Cap Go Meh sendiri ditambahkan karena memang menu ini disajikan pada hari Cap Go Meh, yaitu hari ke-15 pada bulan pertama penanggalan Cina.

Embel-embel Cap Go Meh ini juga kerap digunakan untuk menamai lontong komplit karena memang disajikan dengan isian yang lengkap. Tidak salah juga karena memang menu ini terdiri dari potongan lontong, kuah kari, daging ayam, telur, dan topping lainnya. Memang benar-benar komplit. Di hari besar tentu makanannya pun harus spesial. Termasuk lontong.

Ternyata tidak susah loh mencari menu ini di Bandung, bahkan ketika sedang tidak ada perayaan Cap Go Meh. Ada tidak kurang dari tiga tempat makan yang menjual menu istimewa ini. Ada Lontong Cap Go Meh Mbak Marni dan Lontong komplit di Rasa Bakery & Cake.
Kedua tempat ini memang setiap hari menawarkan menu yang biasa disebut lontong kari komplit ini, tidak hanya pada hari Cap Go Meh saja.

Lontong Cap Go Meh Mbak Marni yang berlokasi di Laboga Signature terdiri dari potongan lontong, krecek yang terbuat dari kerupuk kulit dan kacang tolo, potongan telur, daging ayam, bubuk kacang dan kencur, serta kuah kari yang kaya santan.

"Meski kuah karinya cenderung manis gurih, ketika dicampurkan dengan krecek, rasanya akan menjadi agak pedas tapi tidak terlalu pedas," ujar Sukana, Kepala Produksi Laboga Signature Buahbatu.

Sumarni, ibu tiga anak yang sukses membuka warung sarapan pagi lontong cap go meh, di Jalan Arjuna Kota Malang, saat ini membuka outlet di kota Bandung, tepatnya di Jalan Buah Batu No 159.

Outlet di kawasan strategis yang mudah dijangkau itu diberi nama Stasiun Makan (Food Station) Laboga Signature. Selain di Bandung, dan Malang, Lontong Cap Go Meh Mbak Marni juga punya outlet di Pekanbaru. Pembukaan di Kota Bandung merupakan outlet yang ketiga.

"Pemberian nama lontong cap go meh, karena menu ini sudah langka, jarang warung atau restoran yang menjualnya," kata Mbak Marni, sapaan akrab Sumarni.

Padahal, imbuh Mbak Marni, menu lontong cap gomeh tersebut merupakan menu wajib dan favorit di saat perayaan Cap Go Meh (bagi etnis Tionghoa) dan hari raya Idul Fitri.

Lontong cap go meh, awalnya merupakan makanan khas keturunan Cina (khususnya di Jawa) untuk merayakan Cap Go Meh, yaitu lima belas hari setelah Imlek. Saat ini lontong cap go meh sudah membudaya khususnya di masyarakat Jawa Tengah, dimana saat lebaran tiba menu ini biasa disajikan.

Harga yang ditawarkan untuk seporsi menu yang sangat mengenyangkan ini adalah Rp 18 ribu.
Sedangkan untuk lontong komplit di Rasa Bakery & Cake kerap disebut orang sebagai lontong Cap Go Meh. Salah satu pelayan mengaku sebenarnya nama menunya lontong kari komplit.
Seporsi lontong komplit di sini terdiri dari lontong, sambal goreng tempe, abon sapi, suwiran ayam, dan tentunya kari yang gurih. Menu ini ditawarkan oleh restoran yang berlokasi di Jalan Tamblong No 15 ini dengan harga Rp 25 ribu per porsinya.


Editor: Dewi Agustina | Sumber: Tribun Jabar
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More